The Use Of The Image Description Learning Method In Improving The Kalam Abilities Of Class XI IPA 2 MAN 1 Gunungkidul
Abstract
Penelitian ini melatarbelakangi ketrampilan dalam berbicara Bahasa arab kelas XI IPA 2 masih berkurang. Hal ini disebabkan karena Bahasa yang jarang kita pakai dalam kehidupan sehari-hari sehingga sulit untuk mengucapkan. Masih banyak siswa yang masih belum lancar membaca Al Qur’an atau Arab sehingga tidak tertarik pada materi Bahasa Arab. Faktor lain adalah latar belakang peserta didik dari SMP Negeri, minat peserta didik, daya tangkap peserta didik terhadap ilmu yang diajarkan, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam pengucapan Bahasa Arab. Selain itu, metode yang digunakan guru masih konvensional sehingga pada pembelajaran cenderung kaku dan membosankan sehingga peneliti menggunakan metode deskripsi gambar untuk mengetahui ketrampilan berbicara Bahasa Arab Kelas XI IPA 2 MAN 1 Gunungkidul. Dengan menggunakan penelitian mix method dan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek yang berjumlah 20 siswa. Hasil penelitian menggunakan pretest dan posttest dengan menggunakan deskripsi gambar mampu meningkatkan kemampuan kalam dalam pembelajaran Bahasa Arab.