Implikasi Kosakata Serapan Bahasa Arab dalam Bahasa Indonesia terhadap Pembelajaran Bahasa Arab

Keywords: Kosakata Serapan, Bahasa Arab, Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini secara mendalam mengeksplorasi implikasi kata serapan bahasa Arab dalam bahasa Indonesia terhadap pembelajaran bahasa Arab. Merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode penelitian kepustakaan. Penelitian ini memanfaatkan sumber data primer seperti Kamus Bahasa Indonesia dan Kamus Al-Ashriy, di samping wawancara dengan pengajar bahasa Arab. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa kata serapan bahasa Arab memudahkan pemahaman konsep siswa dalam konteks agama dan budaya, memperkaya kosakata dan keterampilan akademis mereka. Namun, perbedaan fonologis dan morfologis menimbulkan tantangan bagi pelajar, yang sering kali menyebabkan kebingungan dalam pengucapan dan struktur tata bahasa. Penelitian ini menekankan perlunya strategi pengajaran yang efektif yang mengatasi perbedaan ini sambil memanfaatkan manfaat dari keakraban kata serapan dalam pemerolehan bahasa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akasahtia, L. T. (2021). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab:(Menggelitik Pakem) Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, & Menyenangkan. Cv. Dotplus Publisher.
Amirudin, N. (2017). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab. Tamaddun: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Keagamaan, 1–12.
Bakhtiar, A. (2012). Filsafat ilmu. Divisi Buku Perguruan Tinggi, PT Raja Grafindo Persada.
Fadli, M. S., & Savitri, A. D. (2022). Adaptasi Fonologis Kosakata Serapan Bahasa Arab dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kelima. Jurnal BAPALA, 9(8).
Hadi, S. (2018). Kata-kata Arab dalam bahasa Indonesia. UGM PRESS.
Kaelan, M. S. (2013). Filsafat Bahasa. Penerbit Paradigma.
Mualif, A. (2020). Orisinalitas Dan Elastisitas Kosakata Dalam Bahasa Arab. لســـانـنــا (LISANUNA): Jurnal Ilmu Bahasa Arab Dan Pembelajarannya, 9(1), 40–51.
Nur Annisa, M., Arista, D., Udin, Y. La, & Wargadinata, W. (2023). Pemerolehan bahasa Arab sebagai bahasa kedua (kajian psikolinguistik). A Jamiy: Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab, 12(2), 468–484.
Pribadi, M. (2013). Kasus Analisis Kontrastif Bahasa Indonesia dan Bahasa Arab serta Implikasinya dalam Pengajaran Bahasa (Analisis Deskriptif Metodologis). ADABIYYAT, 12(1), 157–189.
Rohayati, E. (2018). Analisis Kontrastif dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Taqdir, 4(2), 105–117.
Rudi, A. (2016). Semantik dalam bahasa: Studi kajian makna antara Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia. Kariman: Jurnal Pendidikan Keislaman, 4(1), 115–136.
Soegiarta. (1984). Glosaria Istilah Bahasa dan Sastra. Intan.
Published
2025-07-17
How to Cite
Sari, K., Syarifah, S., & Musyarofah, A. (2025). Implikasi Kosakata Serapan Bahasa Arab dalam Bahasa Indonesia terhadap Pembelajaran Bahasa Arab. AL-MUARRIB JOURNAL OF ARABIC EDUCATION, 5(1), 57-61. Retrieved from http://lp2msasbabel.ac.id/jurnal/AL-MUARRIB/article/view/5433

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>