PERAN PENDIDIK DALAM KONSEP PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI

  • Nabila Nabila Nabila IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung
  • Amelagita Amelagita Amelagita IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung
  • Elisa Elisa Komariah IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung
  • Dwi Dwi Haryanti IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung
Keywords: Anak usia dini, Peran Pendidik, Psikologi Perkembangan

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini merupakan suatu pendidikan yang penting dilaksanakan untuk membantu tumbuh dan kembang anak. Dimana anak akan dikembangkan aspek perkembangan sesuai dengan tahapan perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peran pendidik dalam perkembangan anak usia dini. Tulisan ini mengulas mengenai peran pendidik dalam perkembangan dan pertumbuhan anak melalui konsep psikologi perkembangan. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif yang melibatkan peneliti studi pustaka (studi literatur). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara teoritik terdapat tiga teori terdahulu dalam perkembangan dan pertumbuhan anak, diantaranya adalah teori Piaget, teori Vygotsky, dan Bowlby.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-07-22
How to Cite
Nabila, N., Amelagita, A., Komariah, E., & Haryanti, D. (2025). PERAN PENDIDIK DALAM KONSEP PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI. ICEJ : Islamic Childhood Education Journal, 4(1), 10-19. https://doi.org/10.32923/icej.v4i1.5752

Most read articles by the same author(s)