Strategi Peningkatan Pemahaman Bacaan Bahasa Arab Melalui Program Hafalan Mufrodat Di MA Al Jauhar kelas X A (IPA) putri
Abstract
Penguasaan mufradat merupakan salah satu komponen dasar untuk menguasai bahasa arab sebagai bahasa asing di tingkat dasar, menengah, dan lanjutan. Mufradat adalah salah satu komponen dasar yang harus dikuasai. Semakin banyak siswa menguasai mufradat maka akan lebih baik penguasaan bahasa Arabnya dan semakin terbatas mufrodat yang dikuasai maka siswa juga akan menemukan kesulitan dalam menguasai keterampilan memahami, membaca, mendengarkan dan lainnya. Penguasaan mufradat yang baik dapat diartikan dengan siswa memiliki kemampuan dalam memahami dan menggunakan mufradat, penguasaan mufradat itu sendiri berkaitan dengan kata-kata dan makna. Oleh sebab itu, peneliti berupaya melakukan penelitian terkait penguasaan mufrodat pada lembaga pendidikan formal MA Al-Jauhar kelas X A (IPA) putri pada mata pelajaran Bahasa Arab. Jenis penelitian yang peneliti pakai adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dalam hal ini peneliti terjun langsung sebagai pendidik dalam pembelajaran menggunakan program hafalan mufrodat di MA Al Jauhar kelas X A (IPA) putri. Penelitian jenis ini sendiri merupakan penelitian tindakan yang dilakukan untuk memperbaiki kualitas proses, dalam hal ini pengertian kelas tidak terbatas pada tempat dinding kelas atau ruang kelas, tetapi lebih pada adanya aktifitas belajar dua orang atau lebih peserta didik. Sedangkan yang menjadi sampelnya adalah kelas X A (IPA) putri yang berjumlah 30 siswa. Hasil rata-rata kelas dari pre test adalah 67 dengan kategori kurang dari nilai KKM, kemudian rata-rata post test meningkat menjadi 80,3 dengan kategori baik. Jika dilihat dari keaktifan siswa dan hasil pre test dan post test semakin baik maka dapat disimpulkan bahwa hafalan mufrodat efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa jika disajikan teks bahasa Arab
Downloads
References
Arikunto,Suharsini, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Reneka Citra
Arsyad, Azhar, Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya, Yogyakarta: pustaka Pelajar, 2003
Azra, Azyumadi, Esai-esai Intelektual dan Pendidikan Islam, Jakarta: Logos, 1999
Muhajir, Noeng, Metode Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Rake Sarasin, 1996
Mulyasa, Praktik Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: Rosda Karya, 2012
Sumardi, Muljanto, Pengajaran Bahasa Asing: Sebuah Tinjauan dari Segi Metodologi, Jakarta : Bulan Bintang, 1974
Syaiful Anwar, Tayar Yusuf, Metodologi Pengajaran Agama dan Bahasa Arab, Jakarta : Raja Grafindo perseda, 1997
Umam, M. K. (2021). Arabic at the Landmark of al-Irsyad Educational Institution (Competence, Cultural Identity & Religious Attitude). Al-Irfan: Journal of Arabic Literature and Islamic Studies, 4(1), 1-15.
Umam, M. K. (2021). Dirasah Tahliliyah Fii Tarjamat Al-Lughat Al-Arabiyah Li Talamidzi al-Shaff Al-Tsaamin Fii al-Madrasah al Mutawasithah al-Islamiyyat al-Namudzajiyyat al-Hukuumiyyat Brebes Brebesدراسة تحليلية في ترجمة اللغة العربية لتلاميذ الصفّ الثامن في المدرسة المتوسطة الإسلامية النموذجية الحكومية بربيس TSAQOFIYA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab 3 (1), 116-131
Umam, M. K. (2021). Google Translate in Tarjamah Learning at Arabic Language Education UIN Walisongo Semarang. Mantiqu Tayr: Journal of Arabic Language, 1(1), 59-68.
Umam, M. K., & Nada, R. K. (2021). The Complexity of Arabic Learning During the Covid-19 Pandemic at MIN 1 Yogyakarta| Kompleksitas Pembelajaran Bahasa Arab pada Masa Pandemi Covid-19 di MIN 1 Yogyakarta (Masalah, Kurikulum, Keterlibatan Orang Tua). Mantiqu Tayr: Journal of Arabic Language, 1(2), 167-182