Neurolinguistik Programming (NLP) Pada Anak dengan Diversitas Budaya di Lembaga Pendidikan Islam Anak Usia Dini di Bangka Belitung

  • Sriyati Dwi Astuti IAIN Syaikh Abdurrhaman Siddik Bangka Belitung
  • Maragustam Siregar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Abstract

Metode Neurolinguistik Programming dapat diaplikasikan pada pembelajaran anak terutama dalam kerangka merubah perilaku negative anak ke arah perilaku yang positif dan menjadi outcomes dari metode ini.. Data pada penelitian ini didapatkan melalui observasi dan wawancara dengan menggunakan instrument  yang dikembangkan dari teori inti Neurolinguistic Programming Penelitian ini menunjukkan bahwa pendidik pada lembaga pendidikan anak Islam di Kepulauan Bangka Belitung menggunakan setidaknya tiga teknik Neurolinguistik  Programming yakni Rapport, Flexibility dan Languange . Ketiganya diterapkan oleh para pendidik dengan  kesadaran dan kepekaan pada diversitas budaya anak-anak peserta didik sehingga tercipta  living togather dimana nilai-nilai budaya yang berbeda hidup bersama dengan saling menghargai dan menghormati.

 

The Neurolinguistic Programming method can be applied to children's learning, especially in the framework of changing children's negative behavior towards positive behavior and the outcomes of this method. The data in this study were obtained through observation and interviews using instruments developed from the core theory of Neurolinguistic Programming. This study shows that educators at Islamic children's education institutions in the Bangka Belitung Islands use at least three Neurolinguistic Programming techniques namely Rapport, Flexibility and Language. All three are implemented by educators with awareness and sensitivity to the cultural diversity of children of students so as to create living together where different cultural values ​​live together with mutual respect and respect.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-08-04
How to Cite
Astuti, S., & Siregar, M. (2023). Neurolinguistik Programming (NLP) Pada Anak dengan Diversitas Budaya di Lembaga Pendidikan Islam Anak Usia Dini di Bangka Belitung. ICEJ : Islamic Childhood Education Journal, 2(1), 1-7. Retrieved from http://lp2msasbabel.ac.id/jurnal/index.php/ICEJ/article/view/3461