Implementasi Program Bahasa Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Santri Di Pondok Modern Daarul Abror Putra
Abstract
Kemampuan berbicara menggunakan bahasa Inggris di dunia pendidikan pada era modern menjadi sebuah keniscayaan yang dapat di dengarkan tidak terkecuali di Pondok Modern Daarul Abror. Sebagai sebuah lembaga yang memiliki visi Terciptanya Kader Ulama A’milin yang Berkualitas dan Memiliki Pemahaman Islam yang kaffah serta Menguasai IPTEK, menjadi sebuah keharusan untuk memberikan segenap santrinya program bahasa Inggris. Implementasi Program Bahasa Inggris menjadi elemen sangat penting dalam meningkatkan kemampuan berbicara santri. Setidaknya ada tiga hal untuk melihat sejauh mana Implementasi Program Bahasa Inggris dalam rangka meningkatkan kemampuan berbicara yakni perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.
Metode penelitian yang digunakan yakni kualitatif deskriptif dengan data primer dan sekunder.
Dalam proses berjalannya program bahasa masih terdapat kekurangan, sehingga diperlukan evaluasi lebih lanjut. Adapun masalah yang dihadapi oleh pondok modern daarul abror ialah perlu adanya meningkatkan kualitas guru bahasa dan pembinaan kepada guru dan pengurus yang lebih baik.
Downloads
References
Amalia, A. M., Salsabila, S., & Sudrajat, I. (2023). Upaya Pelaksanaan Pembelajaran untuk
Meningkatkan Peran Tutor dalam Program Kursus Bahasa Inggris di Lembaga Enter English Center. JIEP: Journal of Islamic Education Papua, 1(1), 85–93. https://doi.org/10.53491/jiep.v1i1.615
Ananda, R., & Rafida, T. (2017). Pengantar Evaluasi Program Pendidikan. In Perdana Publishing (Vol. 53).
Arikunto, S. (2021). Dasar-dasar evaluasi pendidikan edisi 3. Bumi Aksara.
Asifudin, A. J. (2016). Manajemen pendidikan untuk pondok pesantren. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 355–366.
Eko, E. (Ed.). (2009). Tesaurus Bahasa Indonesia (ketiga). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Juriana, J. (2017). Pentingnya penggunaan bahasa Inggris dalam komunikasi dakwah pada era global. Mawaizh: Jurnal Dakwah Dan Pengembangan Sosial Kemanusiaan, 8(2), 241–258.
Kuncoro, A. (2017). Korelasi penguasaan kosakata dengan keterampilan berbicara siswa dalam bahasa Inggris. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(3).
Laia, B., Telaumbanua, K., & Fau, S. (2018). Kontribusi Motivasi Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Stkip Nias Selatan. Jurnal Education and Development, 6(1), 70–77.
Mukaffan, M., & Siswanto, A. H. (2019). Modernisasi Pesantren Dalam Konstruksi Nurcholish Madjid. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 17(2), 285–300.
Poerwadarminta. (2014). Kamus Umum Bahasa Indoneisa (Empat). Jakarta Selatan: PT Balai Pustaka.
Ratminingsih, N. M., Artini, L. P., Santosa, M. H., & Adnyani, L. D. S. (2023). Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Anak Abad 21. PT. RajaGrafindo Persada-Rajawali Pers.
Richards, J. C., & Rodgers, T. S. (2001). I Major language trends in twentieth-century language teaching. Approaches and Methods in Language Teaching.
Siswanto, B. (2021). Pengantar manajemen. Bumi Aksara.
Sule, E. T., & Saeful, K. (2019). Pengantar manajemen. Prenada Media.
Sulistyawati, R., & Amelia, Z. (2021). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Melalui Media Big Book. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 2(2), 67. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v2i2.582
Zebua, E. P. (2019). Pembelajaran percakapan bahasa Inggris dengan metode guide conversation di SMA Negeri 1 Gunung Sitoli. Warta Dharmawangsa, 13(2).
Aini, D., Islami, M. N., Rosyida, E. F., Arifa, Z., & Machmudah, U. (2022). Manajemen Program Perencanaan, Pelaksanaan, Dan Evaluasi Munadharah ’Ilmiyah Pekan Arabi Di Universitas Negeri Malang Di Masa Pandemi. Taqdir, 7(2), 181–197. https://doi.org/10.19109/taqdir.v7i2.9073
Amalia, A. M., Salsabila, S., & Sudrajat, I. (2023). Upaya Pelaksanaan Pembelajaran untuk Meningkatkan Peran Tutor dalam Program Kursus Bahasa Inggris di Lembaga Enter English Center. JIEP: Journal of Islamic Education Papua, 1(1), 85–93. https://doi.org/10.53491/jiep.v1i1.615
Ananda, R., & Rafida, T. (2017). Pengantar Evaluasi Program Pendidikan. In Perdana Publishing (Vol. 53).
Arikunto, S. (2021). Dasar-dasar evaluasi pendidikan edisi 3. Bumi Aksara.
Asifudin, A. J. (2016). Manajemen pendidikan untuk pondok pesantren. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 355–366.
Eko, E. (Ed.). (2009). Tesaurus Bahasa Indonesia (ketiga). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Juriana, J. (2017). Pentingnya penggunaan bahasa Inggris dalam komunikasi dakwah pada era global. Mawaizh: Jurnal Dakwah Dan Pengembangan Sosial Kemanusiaan, 8(2), 241–258.
Kuncoro, A. (2017). Korelasi penguasaan kosakata dengan keterampilan berbicara siswa dalam bahasa Inggris. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(3).
Laia, B., Telaumbanua, K., & Fau, S. (2018). Kontribusi Motivasi Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Stkip Nias Selatan. Jurnal Education and Development, 6(1), 70–77.
Mukaffan, M., & Siswanto, A. H. (2019). Modernisasi Pesantren Dalam Konstruksi Nurcholish Madjid. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 17(2), 285–300.
Poerwadarminta. (2014). Kamus Umum Bahasa Indoneisa (Empat). Jakarta Selatan: PT Balai Pustaka.
Ratminingsih, N. M., Artini, L. P., Santosa, M. H., & Adnyani, L. D. S. (2023). Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Anak Abad 21. PT. RajaGrafindo Persada-Rajawali Pers.
Richards, J. C., & Rodgers, T. S. (2001). I Major language trends in twentieth-century language teaching. Approaches and Methods in Language Teaching.
Siswanto, B. (2021). Pengantar manajemen. Bumi Aksara.
Sule, E. T., & Saeful, K. (2019). Pengantar manajemen. Prenada Media.
Sulistyawati, R., & Amelia, Z. (2021). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Melalui Media Big Book. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 2(2), 67. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v2i2.582
Zebua, E. P. (2019). Pembelajaran percakapan bahasa Inggris dengan metode guide conversation di SMA Negeri 1 Gunung Sitoli. Warta Dharmawangsa, 13(2).
Copyright (c) 2024 Riko Alamsyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.