Media Pembelajaran Guru PAI (Studi Kasus Pada Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Bukit Intan Kota Pangkalpinang)
Abstract
Tulisan ini secara khusus mengkaji tentang Media Pembelajaran Guru PAI (Studi Kasus Pada Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Bukit Intan Kota Pangkalpinang). Tujuan penelitian adalah untuk menggambarkan kemampuan guru PAI di SD se Kecamatan Bukit Intan dalam penggunaan media pembelajaran. Untuk menggambarkan faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam penggunaan media pembelajaran. Untuk mengetahui hasil guru PAI dalam menggunakan media pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan jenis penelitian dekriptif kualitatif, dan metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi dari informan yang dianggap dapat memberikan data yang akurat, dengan lokasi penelitian di Sekolah Dasar (SD) Negeri yang ada di Kecamatan Bukit Intan Kota Pangkalpinang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara garis besar dalam penelitian ini adalah memberikan bimbingan kepada peserta didik dalam memahami materi pelajaran dan kegiatan yang besifat ekstrakurikuler. Faktor pendukung tidak semuanya terdapat di setiap sekolah yang ada di Kecamatan Bukit Intan.Setiap kegiatan pembelajaran PAI dengan menggunakan media pembelajaran. Setiap kegiatan pembelajaran PAI dengan menggunakan media pembelajaran, yaitu: a) merancang materi pembelajaran dalam bentuk power point; b) merancang gambar dalam bentuk miniatur; c) membuat tulisan ayat al_Qur’an/kalimat pada pias-pias bambu; d) membuat papan planel; dan membuat rangkuman dan buku saku untuk peserta didik. Model media yang biasa digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam yakni, gambar/foto, poster dan media proyeksi diam.
Downloads
Copyright (c) 2024 Sugeng Riyadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work