Impelementasi Metode Amtsilati Dalam Membaca Kitab Kuning Ta’limul Muta’allim di Pondok Pesantren

  • Ratna Dewi
Keywords: Pembelajaran Metode Amtsilati, Kitab Kuning, Pondok Pesantren

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pembelajaran metode Amtsilati dalam membaca Kitab Kuning di Pondok Pesantren Raudlatul Muta’allimin Al-Baisuny. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, maka penelitian ini menggukanan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Dalam penelitian ini menggunakan sumber data primer dan data skunder. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data ini ialah dengan melalui proses reduksi data, tahap menyajikan data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian Amsilati dalam membaca kitab kuning ini menunjukkan bahwa bentuk pembelajarannya dengan menggunakan: metode Amtsilati, kemudian dalam proses pembelajaran Amtsilati ialah menggunakan tahapan mulai guru membaca kata-kata yang terdapat di kitab kuning kemudian menjelaskan makna-maknanya dan santri bersama-sama membaca nadzom-nadzom yang sudah diberikan sehingga santri menjadi terbiasa dan lebih mudah menghafalnnya. Kemudian menggunakan media dalam pembelajaran, serta waktu pembelajaran yang efektif. Sedangkan faktor pendukung yang mempengaruhi pembelajaran metode “Amsilati” ialah pengajar yang bersemangat, evaluasi dalam pembelajaran. Sedangkan faktor penghambatnya ialah: rendahnya motivasi belajar, serta lingkungan yang kurang mendukung.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-11-30
How to Cite
Dewi, R. (2024). Impelementasi Metode Amtsilati Dalam Membaca Kitab Kuning Ta’limul Muta’allim di Pondok Pesantren. Edugama: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 10(2), 109-122. Retrieved from http://lp2msasbabel.ac.id/jurnal/index.php/edu/article/view/4334