RAMBU-RAMBU BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM (PERSPEKTIF MAJELIS TARJIH MUHAMMADIYAH)
Abstract
Sepak terjang gerakan Muhammadiyah di Indonesia telah berlangsung sebelum masa kemerdekaan bangsa Indonesia. Hingga hari ini telah berkontribusi banyak dalam memajukan bangsa ini dengan dakwah di berbagai lini kehidupan, salah satunya di bidang pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan rambu-rambu bimbingan dan konseling Islami dalam buku Himpunan Putusan Tarjih Muhammadiyah. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan tipe riset analisis hermeneutika bersusun dan teknik triangulasi sumber data, metode dan peer review. Hasil penelitian ditemukan sejumlah rambu-rambu dalam penyelengaraan bimbingan dan konseling Islami di antaranya: berawal dari wold view konselor muslim; grooming konselor muslim; dan rambu-rambu layanan bimbingan dan konseling Islami. Wold view konselor muslim ditemukan pada kitab masalah lima yang menyoal tentang agama, dunia, sabilillah, ibadah, dan qiyas. Grooming konselor muslim ditemukan batasan pada berpakaian, batasan aurat dan larangan memakai cincin emas. Adapun rambu-rambu layanan bimbingan dan konseling Islami perlu memperhatikan batasan pemajangan gambar dalam ruang BK, penggunaan musik, tidak berkhalwat dengan lawan jenis, penggunaan hijab, hingga batasan penerapan teknik sandiwara (sosio-psiko drama) dalam layanan BK.
Downloads
References
Ab Ghani, A. (2019). Batas-batas Pergaulan Antara Lelaki dan Perempuan Dalam Masyarakat Islam Kini: Satu Huraian Hukum Islam Semasa. Jurnal Syariah, 7(1), 23-30.
Afrina, D. (2019). Rasionalitas Muslim terhadap Perilaku Israf dalam Konsumsi Perspektif Ekonomi Islam. EkBis: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 2(1), 23-38.
Ali, M., Kuntoro, S. A., & Sutrisno, S. (2016). Pendidikan Berkemajuan: Refleksi Praksis Pendidikan KH Ahmad Dahlan. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 4(1), 43-58.
Alvesson, M., & Sköldberg, K. (2017). Reflexive Methodology: New Vistas for Qualitative Research. Sage.
Anwar, M. F. (2019). Landasan Bimbingan dan Konseling Islam. Deepublish.
Aswar, A., Mappiare-At, A., & Ramli, M. (2016). Identifikasi Teknik-teknik Pengubahan Tingkah Laku dalam Penerapan Pemikiran Ibnu Qoyyim Al-jauziyyah untuk Pengentasan Korban Seks Bebas dan Homoseks (Kajian Analisis Hermeneutika Bersusun). Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(2), 196-202.
Aswar, A. I., & Nur, E. W. (2020). Grooming Konselor Muslim: Panduan Berpenampilan Dalam Kitab Asy-Syama’il Al-Muhammadiyah. Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 10(01).
Dahlan, F. (2012). Fundamentalisme Agama: Antara Fenomena Dakwah dan Kekerasan Atas Nama Agama. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 6(2), 331-346.
Hidayati, O. N., & Saputro, M. E. (2017). Korean Drama Constructing Multiculturalism Among Muslim Women Students , AL-ALBAB, 6(1).
Haryati, A., Wibowo, M. E., & Mulawarman, M. (2017). Model Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Empati Siswa SMP. Jurnal Bimbingan Konseling, 6(1), 28-33.
Hamjah, S. H., & Akhir, N. S. M. (2014). Islamic approach in counseling. Journal of religion and health, 53(1), 279-289.
Hayuni, R. R., & Flurentin, E. (2016). Pengembangan Panduan Sosiodrama untuk Meningkatkan Nilai Peduli Sosial Siswa SMP. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 1(3), 118-125.
Ibrahim, F. A., & Dykeman, C. (2011). Counseling Muslim Americans: Cultural and spiritual assessments. Journal of Counseling & Development, 89(4), 387-396.
Indonesia, P. R. (2003). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.
Ivey, A. E., Ivey, M. B., & Zalaquett, C. P. (2018). Intentional Interviewing and Counseling: Facilitating Client Development in a Multicultural Society, 9th Edition. Boston: Cenggage Learning. h. 39.
KBBI Daring. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/pendidikan (Diakses tanggal 12 Agustus 2020).
Mappiare, A. (2013). Tipe-tipe metode riset kualitatif untuk eksplanasi sosial budaya dan bimbingan konseling. Malang: Elang Mas bersama Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.
Mappiare-AT, A. (2017). Meramu Model Konseling Berbasis Budaya Nusantara: KIPAS (Konseling Intensif Progresif Adaptif Struktur). Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besar dalam Bidang Ilmu Budaya Konseling pada Fakultas Ilmu Pendidikan. Disampaikan pada Sidang Terbuka Senat Universitas Negeri Malang pada Tanggal, 28.
Muafiah, E. (2013). Pendidikan Perempuan di Pondok Pesantren. Nadwa, 7(1), 89-110.
Muhammadiyah, P. P. (2011). Himpunan Putusan Tarjih Muhammadiyah. Yogyakarta: Suara Muhammadiyah.
Moreno, J. L. (1946). Sociodrama. In J. L. Moreno, Psychodrama, first Vol (p. 350–366).
Moreno, J. L. (1946). Psychodrama and sociodrama. The essential Moreno: Writings on psychodrama, group method, and spontaneity by JL Moreno, 13-19.
Nashir, H. (2010). Muhammadiyah Gerakan Pembaruan. Suara Muhammadiyah. H. 1-2.
Nasional, D. P. (2008). Rambu-Rambu Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional.
Ramdani, F., & Aswar, A. (2020). Hablun Minannas Wanita Bercadar (Studi Fenomenologi Interaksi Sosial Wanita Bercadar di Kecamatan Manggala Makassar). NUKHBATUL'ULUM: Jurnal Bidang Kajian Islam, 6(1), 105-121.
Situmorang, D. D. B., Mulawarman, M., & Wibowo, M. E. (2018). Comparison of the Effectiveness of CBT Group Counseling with Passive vs Active Music Therapy to Reduce Millennials Academic Anxiety. International Journal of Psychology and Educational Studies, 5(3), 51-62.
Sutisna, Y., & Tadjri, I. (2016). Keefektifan Konseling Kelompok Behavioral Teknik Systematic Desensitization Berbantuan Musik Klasik Jawa untuk Mereduksi Communication Apprehension. Jurnal Bimbingan Konseling, 5(1), 74-81.
Tahir, G. (2010). Muhammadiyah (Gerakan Sosial Keagamaan dan Pendidikan). Jurnal Adabiyah, 10(2), 160-169. h. 163.
Tambunan, S. (2018). Seni Islam Terapi Murattal Alquran Sebagai Pendekatan Konseling Untuk Mengatasi Kecemasan. Al-Mishbah: Jurnal Ilmu Dakwah dan Komunikasi, 14(1), 75-89.
Yuristiadi, G. (2015). Aktivisme Hoofdbestuur Muhammadiyah Bagian PKO di Yogyakarta Sebagai Representasi Gerakan Pelayanan Sosial Masyarakat Sipil (1920-1931). Afkaruna: Indonesian Interdisciplinary Journal of Islamic Studies, 11(2), 195-219. h. 199.
Copyright (c) 2020 aswar aswar, Nashruddin Nashruddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish journals in Scientia: Jurnal Hasil Penelitian agrees with the following conditions:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Every publication (printed/electronic) are open access for educational purposes, research, and library. Other than the aims mentioned above, the editorial board is not responsible for copyright violation.