Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri dalam Mengembangkan Keaktifan Peserta Didik Kelas X SMA Al-Hananiyah

  • Syafruddin Rais Politeknik Pariwisata Batam
  • Sudirman Sudirman UIN Alauddin Makassar
  • Nora Listantia Universitas Qamarul Huda Badaruddin Bagu
  • Intan Kusuma Wardani Universitas pendidikan Mandalika
  • Aswin Saputra Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
Keywords: implementasi, model pembelajaran inkuiri, keaktifan peserta didik

Abstract

Dalam penelitian ini dikembangkan model pembelajaran yang mengajak peserta didik untuk aktif mengajukan pertanyaan. Pertanyaan yang dikonstruk kemudian diajukan adalah pertanyaan yang diperkuat atau dilengkapi argumen. Salah satu model pembelajaran yang memfasilitasi pebelajar mengajukan pertanyaan adalah Model Inkuiri. Model pembelajaran inkuiri menjadi salah satu model pembelajaran yang memiliki pengaruh besar bagi pendidik untuk mengimplementasikannya disekolah. Dalam model inkuiri ini merupakan model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan keaktifan peserta didik sehingga proses belajar menjadi lebih efektif. Peserta didik akan lebih aktif dalam proses belajar, karena pembelajaran lebih berfokus pada peserta didik. Bagaimana penerapan model pembelajaran inkuiri dalam meningkatkan keaktifan peserta didik? Adapun tujuan penelitian ini, selain untuk memenuhi tugas ujuan tengah semester (UTS), yaitu untuk mendeskripsikan model pembelajaran inkuiri dalam mengembangkan keaktifan peserta didik, serta dapat di aplikasikan dalam proses belajar mengajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, A. M. (2019). Kreativitas Guru Menggunakan Model Pembelajaran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Didaktika, 11(2), 225. https://doi.org/10.30863/didaktika.v11i2.168
Anam, K. (2016). Pembelajaran Berbasis Inkuiri Metode dan Aplikasi. Pustaka Pelajar.
Hamalik, O. (2006). Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara.
Hamid, A. (2020). Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif Dalam Pembelajaran. Bdkbanjarmasin.Kemenag.Go.Id. https://bdkbanjarmasin.kemenag.go.id/berita/pembelajaran-aktif-kreatif-efektif-dalam-pembelajaran-h-abdul-hamid
Handayani, S. (2021). Model- Model Pembelajaran Mengembangkan Kreatifitas dan Keaktifan Peserta Didik Di Sekolah. Sanabil.
Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Remaja Rosdakarya.
Maryance, Guntur, M., Andrias, Hayati, Z., & Alfiyanto, A. (2022). Penerapan Metode Demonstrasi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Terhadap Pelajaran PAI di Kelurahan 12 Ulu Palembang. Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 26–29. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/4227
Meliyanti, M., Nahdi, D. S., & Yonanda, D. A. (2018). Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 1(2). https://doi.org/10.31949/jee.v1i2.1511
Muliawati, R. (2022). GURU ANTARA HARAPAN DAN FAKTA. Disdik.Purwakartakab.Go.Id. https://disdik.purwakartakab.go.id/berita/detail/guru-antara-harapan-dan-fakta
Nurcahyani, D. (2021). Tips Menciptakan Pembelajaran yang Menarik dan Kreatif. Guruinovatif.Id. https://guruinovatif.id/@dwitanurcahyani/tips-menciptakan-pembelajaran-yang-menarik-dan-kreatif
Rusman. (2016). Model-ModelPembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Rajawali Perrs.
Sugiyanto. (2010). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yuma Pustaka dan FKIP UNHAS.
Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan:(pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). In Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. In Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D.
Susanti, Y., Guntur, M., Jaya, R., Rais, R., Alfiyanto, A., & Hidayati, F. (2022). Pengorganisasian Kelas dalam Pembelajaran Daring Masa Pandemi di MI. At-Tafkir, 15(1), 82–97. https://doi.org/10.32505/at.v15i1.4352
Suwartini, S. (2017). Pendidikan Karakter dan Pembangunan Sumber Daya Manusia Berkelanjutan. Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(1), 222. https://doi.org/10.30738/trihayu.v4i1.2119
Trianto. (2012). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, Dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kencana Predana Media Group.
Published
2022-08-25
How to Cite
Rais, S., Sudirman, S., Listantia, N., Wardani, I., & Saputra, A. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri dalam Mengembangkan Keaktifan Peserta Didik Kelas X SMA Al-Hananiyah. Jurnal Sustainable, 5(1), 228 -231. https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i1.3161
Section
Articles