Implementasi Kurikulum SMA Sains Plus Baitul Qur’an Boarding School Sragen

  • Syarifah Syarifah Universitas Darussalam Gontor
  • Saiful Anwar Universitas Darussalam Gontor
  • Defi Firmansyah Universitas Darussalam Gontor
  • Daaimatul Ifadah Ashsholihah Universitas Darussalam Gontor
Keywords: kurikulum sains plus, integrasi kurikulum, boarding school

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi kurikulum SMA Sains Plus Baitul Qur'an Boarding School Sragen, serta faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam proses implementasinya. Model penelitian deskriptif kualitatif digunakan dalam pembahasan ini. Data berbasis wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang menggunakan analisis logika komparatif abstraksi prosedur mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan selama analisis selanjutnya. Implementasi kurikulum yang diterapkan di SMA Sains Plus Baitul Qur’an Boarding School Sragen mengkombinasikan kurikulum karakter K-13 dengan kurikulum Science Plus Baitul Qur’an yang terdiri atas Physical Science, Life Science dan beberapa program lainnya yaitu tahfidz, kajian kitab Turats, program bahasa, dan beberapa program lainnya yang dilaksanakan dalam kokurikuler, intrakurikuler, dan ekstrakurikuler. Faktor penghambat dari implementasi kurikulum SMA Ssains Baitul Qur’an Boarding School Sragen yaitu kurangnya SDM guru bidang agama, luasnya materi pembelajaran, keterbatasan sumber referensi, penggunaan sumber daya teknologi yang terbatas dan pembagian waktu. Sedangkan Kelengkapan fasilitas, lingkungan belajar, dan sumber daya, serta bimbingan dan pelatihan, kegiatan olimpiade sains, dan dukungan penuh dari sekolah dan pondok pesantren, menjadi faktor pendukung pelaksanaan kurikulum tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ansyar, Mohamad, Kurikulum : Hakikat Pondasi, Drsain dan Pengembangan, (Jakarta : Prenadamedia, 2015).

Arifin, Zainal, Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum, (Bandung : Remaja Rosdakarya, 2011).

Arikunto, Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek, (Jakarta : PT Rineka Cipta, 2002).

Basri, Hasan & Saeban, Beni, Ahmad, Ilmu Pendidikan Islam Jilid II, (Bandung : Pustaka Setia, 2010).

Boengin, Burhan, Metodologi Penelitian Sosial, (Surabaya : Airlangga, 2009).

Depdiknas, Kurikulum 2004 Berbasis Kopetensi Mata Pelajaran Fisika 2004, (Jakarta : Depertemen Pendidikan Nasional, 2003).

Depertemen Agama RI, Desain Pengembangan SMA, (Jakarta : Depag RI, 2003), Cet. Ke-2.

Eldeeb, Ibrahim, Be a Living Qur’an Petunjuk Praktis Penerapan Ayat-Ayat Al-Qur’an Dalam Kehidupan Sehari-Hari, (Jakarta : Lentara Hati, 2009).

Hamalik, Oemar, Kurikulum dan Pembelajaran, (Jakarta : Bumi Aksara 1995).

Hatta, Ahmad, Tafsir Qur’an Perkata di Lengapi Dengan Asbabun Nuzul dan Terjemah, (Jakarta : Maghfirah, 2009).

Idi, Abdullah, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik, (Yogyakarta : Ar-Ruzz Media, 2007).

Lampiran Keputusan Mentri Agama RI Nomor 165 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab pada Madrasah.

Lampiran PMA Nomor 165 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab pada Madrasah.

Mahmud, Model-Model Kegiatan di Pesantren, (Tangerang : Mitra Fajar Indonesia, 2006).

Majid, Abdul & Andayani, Diana, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kopetensi, (Bandung : Remaja Rosdakarya, 2004).

Margono, Petodologi Penelitian Pendidikan, (Jakarta : PT Rineka Cipta, 2006).

Moleong, Lexxy, Metode Penelitian Kualitatif, (Bandung : Remaja Rosdakarya, 1990).

Muhajir, Neong, Meteode Penelitian Kualitatif, (Yogyakarta : Rake Sarasia, 1996).

Mulyana, E, Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013, (Bandung : Remaja Rosdakarya, 2013).

Nasution, S, Asas-Asas Kurikulum, (Jakarta : Bumi Aksara, 2003).

Nata, Abdullah, Ilmu Pendidikan Islam, (Semarang : Pranada Media, 201).

PP No 32 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintahan No 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Profil BEQI Sragen, BEQI TV, https://youtu.be/o3rsR2Xrd-c, 12 Oktober 2019.

Profil Pesantren Baitul Qur’an Sragen, BEQI TV, https://youtu.be/zm2Hw_PFdSo,3 November 2018.

Raqib, Moh, Ilmu Pendidikan Islam : Pengembangan Pendidikan Integratif di Sekolah, Keluarga, dan Masyarakat, ( Yogyakarta : LkisYogyakarta, 2009).

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D, (Bandung : Alfabeta, 2008).

Salinan Lampiran I Permendikbud RI Nomor 59 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah.

Salinan Lampiran Permendikbud RI Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menegah.

Salinan Lampiran Permendikbud RI Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menegah.

Soetopo, Hendyat & Soemanto, Westy, Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum, (Bandung : Bina Aksara, 1989).

Subhan, Arief, Lembaga Pendidikan Islam Indonesia Abad Ke-20 : Pergumulan Antara Modernisasi dan Identitas, (Jakarta : Kencana, 2012).

Sukarno dkk, Dasar Pendidikan Sains, (Jakarta : Bathara Karya Aksara, 1981).

Sumaji, Pendidikan Sains yang Humanitis, (Yogyakarta : Kanisius, 1998).

Tour Virtual Pesantren Baitul Qur’an Sragen Jawa Tengah, BEQI TV, https://youtu.be/dqpGXETvmlc, 24 Oktober 2020.

Triwiyanto, Managemen Kurikulum dan Pembelajaran, (Jakarta : Bumi Aksara, 2015).

Umar, Bukhari, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta : Amzah, 2010).

Undang-Undang RI No 2 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional, (Bandung : Citra Umbara, 2003).

Yamin, Moh, Panduan Managemen Mutu Kurikulum Pendidikan, (Yogyakarta : Diva Press, 2012)

Published
2022-06-24
How to Cite
Syarifah, S., Anwar, S., Firmansyah, D., & Ashsholihah, D. (2022). Implementasi Kurikulum SMA Sains Plus Baitul Qur’an Boarding School Sragen. Jurnal Sustainable, 5(1), 245 - 253. https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i1.3198
Section
Articles