Analisis Framing Pemberitaan Anies Baswedan Tentang Isu Korupsi
Abstract
Pemilihan presiden akan berlangsung tahun 2024 mendatang. Ada beberapa lembaga survei yang merilis tingkat elektabilitas calon presiden yang mencuat di mata publik, Anies Baswedan adalah salah satu calonnya. Kemunculan Anies Baswedan telah menjadi sorotan partai politik dan media massa. Elektabilitas Anies Baswedan di masa mendatang juga dipengaruhi oleh media massa yang akan memberikan persepsi kepada publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana koran kompas dan republika.co.id mengonstruksi isi berita yang berkaitan dengan Anies Baswedan tentang isu korupsi. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dengan model framing Zhongdang Pan dan Gerald M.Kosicki. Hasil penelitian menunjukan koran kompas dan republika.co.id secara sintaksis memiliki perbedaan dalam fokus pemberitaannya. Skrip kedua media massa telah memenuhi unsur 5W+1H. Tematik di koran kompas mengangkat tiga tema sekaligus dalam sebuah isu berita, sementara republika hanya satu tema. Dan secara retoris kedua media memiliki perbedaan cara wartawan menekankan fakta kepada pembaca.
Downloads
Copyright (c) 2022 Jufrizal Jufrizal, Karerek Karerek, Yusra Jamali

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.