Pengembangan Media Pembelajaran Think Table Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis
Abstract
Masa perkembangan dan pertumbuhan kehidupan anak sangatlah mendasar, anak mulai sensitif untuk menerima berbagai upaya perkembangan, salah satu aspek perkembangan anak adalah berpikir logis. Hasil observasi yang dilakukan di RA Raudlatun Nashirin desa Tinawun Kecamatan Malo Kabupaten Bojonegoro bahwa capaian perkembangan berpikir logis anak usia 4-5 tahun masih belum optimal, hal ini karena kurangnya media untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis anak. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media Think Table untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis. Jenis penelitian yang digunakan adalah (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi 5 tahapan yaitu analysis, design, development, implementation. dan evaluation. Uji coba dilakukan dengan kegiatan pre-tes dan post-tes pada 18 anak usia 4-5 tahun. hasil produk yang divalidasi oleh ahli media mendapat skor 95% dengan kategori sangat layak dan ahli materi mendapat skor 97% dengan kategori sangat layak. Sedangkan hasil kegiatan pre-tes mendapat skor 66% dengan kategori baik, kegiatan treatment/perlakuan selama 2 hari dengan menstimulasi anak menggunakan media Think Table dan kegiatan post-tes mendapat skor 87% dengan kategori sangat baik, dari kegiatan pre-tes dan post-tes mengalami peningkatan 21%. Dengan demikian media Think Table sangat layak digunakan untuk anak dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir logis pada anak usia 4-5 tahun desa Tinawun kecamatan Malo kabupaten Bojonegoro.
Downloads
Copyright (c) 2023 Mohammad Tsaqibul Fikri, Siti Labiba Kusna, Mufidatul Choiriyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.