Peran Public Relations Dalam Membangun Reputasi Perguruan Tinggi

  • Yera Yulista IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung
Keywords: Public Relations, Reputasi, Perguruan Tinggi

Abstract

The development of higher education institutions in Indonesia indicates the increasing meaning of education in the community so that the existence of educational institutions becomes the target for stakeholders, especially students / prospective students. In general, to maintain the existing stakeholders clearly requires the establishment of a good reputation in the community. One of the parties that can help higher education institutions in building the reputation of higher education is the presence of public relations. PR represents the institution in implementing the communication program to be a bridge between the organizations represented by the university stakeholders.

Abstrak

Perkembangan lembaga pendidikan tinggi di Indonesia menandakan semakin meningkatnya arti pendidikan di tengah masyarakat sehingga keberadaan  lembaga pendidikan menjadi incaran bagi stakehoder khususnya mahasiswa/ calon mahasiswa.  Secara umum untuk mempertahankan stakeholder yang ada jelas memerlukan pembentukan reputasi yang baik ditengah masyarakat.Salah satu pihak yang dapat membantu lembaga pendidikan tinggi dalam membangun reputasi perguruan tinggi adalah dengan kehadiran public relations. PR mewakili lembaga dalam melaksanakan program komunikasi untuk menjadi jembatan penghubung antara organisasi yang diwakili dengan stakeholder perguruan tinggi.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

ASPIKOM. 2015.Komunikasi dan Isu Public Cetakan Pertama. ASPIKOM: Yogyakarta

Anggoro, M.Linggar. 2002.Teori & Profesi Kehumasan Serta Aplikasinya di Indonesia.

Jakarta: Bhumi Aksara

Kennedy, John.E dan Soemanagara, R. Dermawan.2006. Marketing Communication

Taktik dan Strategi. Jakarta :Bhuana Ilmu Populer Kelompok Gramedia

Lattimore, Dan, dkk.2010. Public Relations Profesi dan Praktik Edisi 3. Jakarta:

Salemba Humanika

Morrisan.2008. Manajamen Public Relations (Strategi Menjadi Humas Profesional).

Jakarta. Kencana Prenada Media Group

Nova, Firsan.2011.Crisis Public Relations. Strategi Menghadapi Krisis, Mengelola Isu,

Membangun Citra dan Reputasi Perusahaan. Jakarta :Rajawali Pers

OSF Rumanti Assumpta Maria Sr. 2002. Dasar-Dasar Public Relations (Teori dan

Praktik). Jakarta : Grasindo

Sari Nilla Wahyu Betty. 2012. Humas Pemerintah. Yogyakarta: Graha Ilmu

Published
2019-06-03
How to Cite
Yulista, Y. (2019). Peran Public Relations Dalam Membangun Reputasi Perguruan Tinggi. Jurnal Sustainable, 2(1), 86 - 104. https://doi.org/10.32923/kjmp.v2i1.983
Section
Articles