Pendidikan Islam Menjawab Tantangan

  • Suarni Suarni Kementerian Agama Kota Pangkal Pinang
Keywords: Pendidikan, Islam, Pesantren

Abstract

Institusi pesantren di Indonesia telah menjadi magnit bagi imuan di bidang pendidikan, tidak hanya ilmuan lokal tapi juga mancanegara, tidak hanya insider (muslim) bahkan outsider (nonmuslim). Dengan ciri khas yang dimiliki, lembaga pendidikan pesantren hingga kini tetap eksis dan semakin menjamur khususnya di wilayah pedesaan. Hanya saja, perkembangan kuantitas tidak dibarengi dengan kemajuan kualitas. Lembaga pendidikan Islam tidak hanya dituntut untuk membangun akidah tapi harus berorientasi pada lapangan kerja. Anak didik harus dibekali dengan keterampilan sehingga dapat berkompetisi di dunia kerja. Tulisan ini menyajikan tantangan pendidikan di era globalisasi dan upaya-upaya yang harus dilakukan agar kualitas pendidikan Islam dengan berbagai coraknya dapat berkompetisi dengan lembaga pendidikan lainnya. Uraian ini dikupas melalui kajian literasi dengan sumber yang kredibel.Pada akhirnya, lembaga pendidikan Islam, baik pesantren dengan madrasah di dalamnya maupun madrasah di luar pesantren, harus mampu meng-update dan meng-upgrade kurikulum sesuai dengan perkembangan ilmu dan teknologi. Dengan kata lain, pendidikan Islam harus bersifat visioner dan antisipatoris dengan langkah-langkah kongkrit. Dengan demikian, lulusannya dipenuhi dengan nuansa iman, dengan otak yang dipenuhi ilmu pengetahuan dan tangan yang dibekali dengan berbagai keterampilan.

 Islamic boarding schools in Indonesia have become magnets for scientists in the field of education, not only local but also international scientists, not only insider (Muslim) and even outsiders (non-Muslim). With its characteristics, Islamic boarding schools educational institutions still exist and are increasingly mushrooming, especially in rural areas. It is just that the development of quantity is not accompanied by progress in quality. Islamic educational institutions are not only required to build creeds but must be oriented to employment. Students must be equipped with skills so they can compete in the world of work. This paper presents the challenges of education in the era of globalization and the efforts that must be made so that the quality of Islamic education with its various features can compete with other educational institutions. This description is analyzed through literacy studies with credible sources. In the end, Islamic educational institutions, both Islamic boarding schools with madrasas inside and madrasas outside Islamic boarding schools, must be able to update and upgrade the curriculum by the development of science and technology. In other words, Islamic education must be visionary and anticipatory with concrete steps. Thus, graduates are filled with nuances of faith, with a brain filled with knowledge and hands equipped with various skills.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-01
How to Cite
Suarni, S. (2019). Pendidikan Islam Menjawab Tantangan. Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 80 - 85. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v6i2.1237