Alumni Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAI) Antara Peluang dan Tantangan

  • Rusydi Sulaiman Dosen IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung
  • Endang Kusniati Dosen IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung
Keywords: Alumni, PTAI, Peluang, Tantangan

Abstract

Perkembangan PTAI dalam mengalami transformasi berlangsung cukup lama dari STAI, STAIN, IAIN, sampai pada UIS/UIN. PTAI/PTAIN telah melahirkan banyak alumni yang mampu berkompetensi dibidang agama Islam, hingga ia berperan dibanyak sektor kebidangan (profesi) baik nasional maupun internasional. Namun kondisi tersebut masih belum menyelesaikan masalah, karena masih banyak lulusan PTAI yang belum bekerja sesuai kebidangannya, padahal secara keilmuan sudah mumpuni, namun daya serap kerja belum terpenuhi bagi alumni PTAI/PTAIN. Secara khusus dalam penulisan artikel ini menggunakan landasan operasional, sebagai kerangka teoritis. Sedangkan jenis metodologinya deskriptif kualitatif atau kajian pustaka (library research). Adapaun hasil dari penulisan artikel ini, telah ditemukan peluang bagi lulusan dari PTAI/PTAIN saat ini sudah mampu menggabungkan antara ilmu umum dan ilmu agama (Integrasi-interkoneksi), dengan demikian akan terjalin secara seimbang dan Islam tidak hanya berkutat pada pembahasan akhirat semata, melainkan mampu membicarakan persoalan sosial, hurmaniora dan lain sebagainya. Melihat tantangan yang ada sesuai dengan latar belakang masalah tersebut di atas, dengan kurangnya daya serap lulusan PTAI untuk itu diperlukannya langkah alternatif seperti perlu dibukannya Manajeman Berbasi Sekolah (MBS) bagi masyarakat sebagai pendekatan pendidikan untuk semua kalangan masyarakat, guna meminimalisir stigma negatif terhadap lulusan PTAI/PTAIN. Langkah strategis ini bisa dijadikan sebagai bentuk penguatan peradaban di dunia pendidikan Islam.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-06-28
How to Cite
Sulaiman, R., & Kusniati, E. (2019). Alumni Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAI) Antara Peluang dan Tantangan. Tawshiyah: Jurnal Sosial Keagaman Dan Pendidikan Islam, 14(1), 1-16. https://doi.org/10.32923/taw.v14i1.1031