Artificial Intelligence sebagai Pusat Sumber Belajar: Apa Implikasinya bagi Kualitas Pendidikan?

  • Mochammad Noor Dwicahyo Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
  • Annida Afifah Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
  • Muhammad Fajar Firdaus
Keywords: AI, Sumber Belajar, Kualitas Pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan secara lebih mendalam tentang AI yang digunakan sebagai sumber belajar di sekolah. Selain itu, penelitian ini juga akan mengupas secara komprehensif bagaimana implikasi AI dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan. Penelitian ini menggunakan studi kepustakaan (library research). Peneliti melakukan pencarian secara komprehensif melalui database akademik seperti Sciencedirect, Google Scholar, Scopus, dan sumber jurnal pendidikan lainnya yang bereputasi dan dinyatakan kredibel untuk mendapatkan literatur yang relevan dengan penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) AI dapat digunakan sebagai pusat sumber belajar bagi siswa dengan catatan diawasi langsung oleh pendidik; 2) AI berimplikasi terhadap kualitas pendidikan dikarenakan AI memiliki segudang potensi yang dapat membuat peningkatan terhadap kinerja akademik peserta didik maupun tenaga pendidik dan kependidikan di lembaga pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-08-13
How to Cite
Dwicahyo, M., Afifah, A., & Firdaus, M. (2025). Artificial Intelligence sebagai Pusat Sumber Belajar: Apa Implikasinya bagi Kualitas Pendidikan?. Edugama: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 11(1), 84-96. https://doi.org/10.32923/edugama.v11i1.4899