Artificial Intelligence sebagai Pusat Sumber Belajar: Apa Implikasinya bagi Kualitas Pendidikan?
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan secara lebih mendalam tentang AI yang digunakan sebagai sumber belajar di sekolah. Selain itu, penelitian ini juga akan mengupas secara komprehensif bagaimana implikasi AI dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan. Penelitian ini menggunakan studi kepustakaan (library research). Peneliti melakukan pencarian secara komprehensif melalui database akademik seperti Sciencedirect, Google Scholar, Scopus, dan sumber jurnal pendidikan lainnya yang bereputasi dan dinyatakan kredibel untuk mendapatkan literatur yang relevan dengan penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) AI dapat digunakan sebagai pusat sumber belajar bagi siswa dengan catatan diawasi langsung oleh pendidik; 2) AI berimplikasi terhadap kualitas pendidikan dikarenakan AI memiliki segudang potensi yang dapat membuat peningkatan terhadap kinerja akademik peserta didik maupun tenaga pendidik dan kependidikan di lembaga pendidikan.
Downloads
Copyright (c) 2025 Mochammad Noor Dwicahyo, Annida Afifah, Muhammad Fajar Firdaus

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work