Pengembangan Modul Doda Idi Berbahasa Aceh: Pendamping PPRA di Madrasah Aliyah Berbasis Kearifan Lokal

  • Mesi Rawanita Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
  • Zulfatmi Zulfatmi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
  • Hayati Hayati Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
Keywords: Doda Idi, Kearifan Lokal, Pendidikan Karakter, PPRA Madrasah Aliyah, Aceh

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran berbasis syair tradisional Doda Idi sebagai pendamping dalam pelaksanaan proyek Penguatan Profil Pelajar Rahmatan lil ‘Alamin (PPRA) di Madrasah Aliyah. Doda Idi, sebagai salah satu bentuk kearifan lokal Aceh, memuat nilai-nilai karakter seperti religiusitas, kasih sayang, tanggung jawab, dan nasionalisme, yang relevan dengan tujuan pendidikan karakter. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan penelitian dan pengembangan (R&D) model ADDIE, studi ini memfokuskan pada tahap analisis kebutuhan yang melibatkan wawancara dengan guru, siswa, dan kepala sekolah di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Sinabang. Hasil analisis menunjukkan belum tersedianya modul kontekstual yang mengintegrasikan Doda Idi dalam pembelajaran PPRA, serta tingginya kebutuhan dari pihak sekolah, guru, dan siswa terhadap bahan ajar berbasis budaya lokal. Modul ini diharapkan menjadi solusi strategis dalam pelestarian budaya Aceh sekaligus memperkuat pendidikan karakter di madrasah melalui pendekatan konstruktivis yang kontekstual dan bermakna.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-08-13
How to Cite
Rawanita, M., Zulfatmi, Z., & Hayati, H. (2025). Pengembangan Modul Doda Idi Berbahasa Aceh: Pendamping PPRA di Madrasah Aliyah Berbasis Kearifan Lokal. Edugama: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 11(1), 97-111. https://doi.org/10.32923/edugama.v11i1.5457