Telaah Hadis Tentang Hilangnya Ilmu dan Munculnya Kebodohan (HR. Bukhari No. 80) Sebagai Upaya Revitalisasi Pendidikan Islam

  • Amir Abdul Aziz Universitas Ahmad Dahlan
Keywords: hadis, hilangnya ilmu, munculnya kebodohan, revitalisasi, pendidikan Islam

Abstract

Fenomena yang dialami pendidikan Islam era modern, yakni: problematik moral, digitalisasi dan merajalelanya maksiat dan kebodohan, mengindikasikan persoalan yang akan dialami pendidikan Islam sesuai hadis Rasulullah Saw (HR. Bukhari No. 80). Tujuan penelitian ini membahas hadis Nabi Muhammad Saw yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari No. 80, yang menjelaskan tanda-tanda akhir zaman, seperti hilangnya ilmu dan munculnya kebodohan, serta menghubungkannya dengan pendidikan Islam sebagai upaya revitalisasi intelektual masa kini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dalam bentuk studi literatur (library research), dengan teknik analisis deskriptif teks hadis, telaah kitab, dan situasi terkini dalam pendidikan Islam. Hasil penelitian menunjukan bahwa hilangnya ilmu dan munculnya kebodohan disebabkan sistem pendidikan Islam yang menarik garis batas tegas antara ilmu agama dan ilmu umum, degradasi moral dan lunturnya penghayatan tauhid. Upaya revitalisasi pendidikan Islam bisa dengan menghidupkan kembali keselarasan hadis dengan ilmu umum, menghidupkan etos inovasi, profesional dan dedikasi, menyesuaikan keselarasan nilai-nilai hadis dan kebutuhan pembelajar, serta penghayatan tauhid yang mendalam.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-08-13
How to Cite
Aziz, A. (2025). Telaah Hadis Tentang Hilangnya Ilmu dan Munculnya Kebodohan (HR. Bukhari No. 80) Sebagai Upaya Revitalisasi Pendidikan Islam. Edugama: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 11(1), 112-131. https://doi.org/10.32923/edugama.v11i1.5794