Telaah Hadis Tentang Hilangnya Ilmu dan Munculnya Kebodohan (HR. Bukhari No. 80) Sebagai Upaya Revitalisasi Pendidikan Islam
Abstract
Fenomena yang dialami pendidikan Islam era modern, yakni: problematik moral, digitalisasi dan merajalelanya maksiat dan kebodohan, mengindikasikan persoalan yang akan dialami pendidikan Islam sesuai hadis Rasulullah Saw (HR. Bukhari No. 80). Tujuan penelitian ini membahas hadis Nabi Muhammad Saw yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari No. 80, yang menjelaskan tanda-tanda akhir zaman, seperti hilangnya ilmu dan munculnya kebodohan, serta menghubungkannya dengan pendidikan Islam sebagai upaya revitalisasi intelektual masa kini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dalam bentuk studi literatur (library research), dengan teknik analisis deskriptif teks hadis, telaah kitab, dan situasi terkini dalam pendidikan Islam. Hasil penelitian menunjukan bahwa hilangnya ilmu dan munculnya kebodohan disebabkan sistem pendidikan Islam yang menarik garis batas tegas antara ilmu agama dan ilmu umum, degradasi moral dan lunturnya penghayatan tauhid. Upaya revitalisasi pendidikan Islam bisa dengan menghidupkan kembali keselarasan hadis dengan ilmu umum, menghidupkan etos inovasi, profesional dan dedikasi, menyesuaikan keselarasan nilai-nilai hadis dan kebutuhan pembelajar, serta penghayatan tauhid yang mendalam.
Downloads
Copyright (c) 2025 Amir Abdul Aziz

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work