About Journal
Orcid Id https://orcid.org/0009-0003-4315-9388
MEDIOVA: Jurnal Kajian Media Islam merupakan jurnal yang fokus pada kajian media dan berbagai isu Islam di masyarakat. Ruang lingkup kajian media ini terkait dengan kajian media seputar isu-isu seperti:
- Kegunaan dan Kepuasan Media Massa dan Jurnalisme di Seluruh Negara Islam: bidang ini bertujuan untuk mengkaji kegiatan jurnalistik dan produksi media yang meliputi media cetak, radio, televisi, dan internet di seluruh negeri Islam.
- Media baru dan teknologi komunikasi : Bidang studi komunikasi baru yang terus berkembang seiring dengan kemajuan teknologi dan kebutuhan masyarakat, bidang ini meliputi media digital, jurnalisme data, jurnalisme kecerdasan buatan (AI), interaktif, hipertekstual dan jejaring, dll.
- Film dan periklanan : bidang ini bertujuan untuk memberikan pengaruh komunikasi visual pada film dan kampanye periklanan apapun yang berdampak pada masyarakat, khususnya yang dikeluarkan untuk masyarakat islam.
- Gender, etika dan regulasi media : Bidang ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengkaji isu gender, kode etik jurnalistik, dan regulasi media di negara Islam manapun.
- Hubungan masyarakat (Public relations) baik pemerintah maupun non pemerintah dengan nilai-nilai sosial dan Islam yang berorientasi pada keberlanjutan global (global sustainability) .
- Literasi dan Pendidikan yang berfokus pada penelitian, kajian, dan pengembangan di bidang literasi dan pendidikan. Ini mencakup berbagai topik, termasuk pada: Studi Interdisipliner, Perspektif Global, Kebijakan dan Praktik.
Jurnal Mediova dikelola oleh program studi Jurnalistik Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam, IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung. Jurnal di terbitkan dua kali dalam satu tahun pada bulan Mei dan November. E ISSN : 2798-5334
About the Journal
MEDIOVA: Journal of Islamic Media Studies is a journal that focuses on media studies and various issue of islam in society. The scope of this media study is related to media studies around issues such as:
- Uses and Gratification of Mass Media and Journalism arround islamic country : this field aimed for examines journalistic activities and media production which includes print, radio, television, and internet arround islamic country.
- New media and communication technology; a new field of communication study that continues to develop along with technological advances and community needs, this field includes digital media, data journalism, artificial intelligence (AI) Journalism, interactive, hypertextual and networking,etc.
- Film and advertising, this field aimed for some effect of vissual communication on film and any advertising campaign that impact in society, espessially issued for islamic society
- Gender, ethics and media regulation, This field aims to develop and examine gender issues, journalism code of ethics, and media regulation in any Islamic country.
- Public relations both government and non government with social and Islamic values that oriented to global sustainability.
- Literacy and Education focuses on research, studies, and development in the fields of literacy and education. It encompasses a wide range of topics, including: Interdisciplinary Studies, Global Perspectives, and Policy and Practice.
Mediova Journal is managed by the Islamic Journalism study program of the Islamic Da'wah and Communication Faculty, IAIN Shaykh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung. The journal is published twice a year : May and November. E ISSN : 2798-5334
All correspondences should be sent to the following Editorial Office:
At Gedung Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam, Program Studi Jurnalistik Islam
Insitut Agama Islam Negeri (IAIN) Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung, Indonesia.
Address : Jl. Petaling Raya KM 13 Kec. Mendo Barat, Kab. Bangka, Prov. Kep. Bangka Belitung (ZIP Code: 33173), Indonesia