Penerapan Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Cognitive Behavioral Theraphy Untuk Menurunkan Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Pada Mahasisiwa
Keywords:
Konseling Kelompok, Kecemasan, CBT, Mahasiswa
Abstract
Penerapan konseling kelompok dengan pendekatan Cognitive Behavioral Therapy (CBT) dalam menurunkan kecemasan berbicara di depan umum pada mahasiswa. Kecemasan ini merupakan bentuk kecemasan sosial yang ditandai dengan gejala fisiologis, kognitif, dan emosional seperti detak jantung meningkat, gemetar, pikiran negatif, dan rasa takut dinilai. Penelitian dilakukan terhadap 8 mahasiswa dari berbagai jurusan yang mengalami kecemasan tinggi saat berbicara di depan publik. Tujuannya untuk mengetahui apakah layanan konseling kelompok dengan pendekatan CBT dalam menurunkan kecemasan berbicara di depan umum pada mahasiswa efektif. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain non-equivalent control group design. Pengumpulan data dilakukan menggunakan skla likert kecemasan berbicara di depan umum yang mengukur reaksi fisik, kognitif dan perilaku. Intervensi dilaksanakan melalui tiga sesi konseling kelompok yang mencakup pengenalan diri dan identifikasi masalah, restrukturisasi kognitif, serta penguatan dan simulasi berbicara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada faktor internal dan eksternal. Pendekatan CBT sangat efektif dalam menurunkan gejala kecemasan secara signifikan. Terdapat perubahan positif dalam aspek kognitif (pergeseran pola pikir negatif), emosional (pengendalian rasa takut), dan perilaku (peningkatan keberanian berbicara). Dengan demikian, konseling kelompok berbasis CBT terbukti menjadi pendekatan yang efektif dalam membantu mahasiswa mengatasi kecemasan berbicara di depan umum secara menyeluruh.Downloads
Download data is not yet available.
Published
2025-10-20
How to Cite
Rahma, W., Komariah, K., Andini, L., Miranda, M., Putri, P., Dila, D., & Assinaria, A. (2025). Penerapan Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Cognitive Behavioral Theraphy Untuk Menurunkan Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Pada Mahasisiwa. IJoCE: Indonesian Journal of Counseling and Education, 6(1), 40-49. https://doi.org/10.32923/ijoce.v6i1.5950