THE IMPACT OF SOCIAL FACTORS AND CURRICULUM ON THE ENTREPRENEURIAL INTENTIONS OF MUSLIM STUDENTS

  • Hendra Cipta IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung
  • Hatamar Hatamar IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor sosial, yang meliputi interaksi sosial, dukungan keluarga, dan orientasi karir, serta faktor kurikulum, khususnya implementasi Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM), terhadap niat berwirausaha mahasiswa perguruan tinggi keagamaan Islam di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Structural Equation Modeling – Partial Least Squares (SEM-PLS). Sebanyak 392 mahasiswa dari sepuluh perguruan tinggi keagamaan Islam di Indonesia dilibatkan sebagai responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi sosial dan dukungan keluarga memiliki pengaruh signifikan terhadap niat berwirausaha mahasiswa, sedangkan orientasi karir tidak memberikan pengaruh yang signifikan. Selain itu, implementasi kurikulum MBKM memiliki dampak positif yang signifikan dalam meningkatkan intensi berwirausaha mahasiswa. Temuan ini memberikan kontribusi teoretis dan praktis terhadap pengembangan kewirausahaan di perguruan tinggi keagamaan Islam. Secara praktis, hasil ini menggarisbawahi pentingnya kebijakan MBKM yang didukung oleh faktor sosial, seperti interaksi sosial dan dukungan keluarga, untuk mendorong semangat kewirausahaan mahasiswa. Dengan demikian, integrasi antara kurikulum berbasis MBKM dan penguatan lingkungan sosial dapat menjadi strategi efektif dalam membangun ekosistem kewirausahaan di perguruan tinggi keagamaan Islam di Indonesia.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2024-12-30